basmalah

Selasa, 10 Januari 2012

spesialist di bidang Kedokteran Gigi

mungkin banyak yang belum taw, kalau d KaGe alias Kedokteran Gigi juga ada spesialistnya, byk orang yang berpikir kalau "drg" sendiri udah merupakan "spesialist di bidang kesehatan gigi dan mulut".. eiiits,,, mari qt perbanyak pengetahuan qt dengan bbrp info seputar KaGe...
Di KaGe, ada bbrp spesialist:



1. Spesialis anak/pedodontis (Gelar: Sp. KGA)
Dokter gigi ini mempunyai keahlian khusus untuk menangani pasien anak-anak. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan giginya sampai psikologis anak dalam hal ini apabila sang anak mempunyai masalah rasa takut terhadap dokter gigi ataupun apabila sang anak sangat sulit untuk dilakukan perawatan oleh dokter gigi umum. Anak-anak dengan keterbatasan (cacat) juga dapat dirawat oleh dokter gigi ini. --> "aq pengen banget jadi Spesialist ini,, tapi kayaknya orangtua qu gak terlalu suka dg spesialist ini, alasannya kurang terpakai di Indonesia" :'(


2. Spesialis konservasi gigi (Gelar: Sp. KG)
Konservasi maksudnya adalah sebisa mungkin mempertahankan dan mengembalikan fungsi normal gigi. Perawatan yang dilakukan dokter gigi ini adalah penambalan, perawatan saluran akar/endodontik (gigi yang sakit berdenyut ataupun berlubang besar), dan estetik (pemutihan dan memperbaiki bentuk gigi). --> "intinya spesialist penghilang rasa sakit gigi, mgkin bisa jd spesialist penghilang sakit hati jugaaa, kalau dokternya maw di ajak curhat.. hehe" :p


3. Spesialis gigi tiruan/prostodontis (Gelar: Sp. Pros)
Dokter gigi ini mempunyai keahlian untuk membuat berbagai jenis gigi tiruan, mulai dari yang lepasan maupun gigi tiruan cekat. Berbeda dengan tukang gigi yang mungkin Anda jumpai di jalan-jalan, dokter gigi ini juga mempertimbangkan agar gigi tiruan tersebut dapat diterima secara biologis oleh mulut sehingga aspek kesehatan mulut tetap terjaga. --> berdasarkan pengalaman menjadi mahasiswa FKG, yg berhubungan dg prosto butuh tenaga dan pikiran yg ekstra,, ilmu harus mantep dan tenaga juga harus sedia terus, karna ternyata bikin Gigi Tiruan gak semudah yang dibayangkan! setiap step pembuatannya (proses nya puanjaaaaaaaang banget!) butuh ilmu pengetahuan dan ketelitian,, makanya sampai sekarang aq heran, kenapa bisa tukang gigi dipercaya untuk bikin gigi palsu? soalnya ilmu prosto butuh banyak teori yang ckp memusingkan otak sebelah kiri jugaaaa..



4. Spesialis penyakit mulut (Gelar: Sp. PM)
Untuk kasus-kasus penyakit mulut yang tidak biasa, seperti sariawan yang tidak kunjung sembuh, berbagai luka maupun kelainan di mukosa mulut, biasanya ditangani oleh dokter gigi ini mulai dari diagnosis sampai perawatannya. Terkadang dokter gigi ini bekerja sama dengan spesialis bedah mulut apabila diperlukan tindakan pembedahan. --> spesialist yang luar biasa, karna bisa taw smw penyakit mulut (jmlh ny gak bisa aq itung), termasuk gejala klinis, manifestasi, dan penampakan (penampakan???) klinis nya, yang rata2 hampir smw nya memiliki gejala dan penampakan yang sama..



5. Spesialis bedah mulut (Gelar: Sp. BM)
Ahli bedah mulut melakukan berbagai perawatan bedah seperti membuang kista, tumor, ataupun pencabutan gigi yang sulit. Mereka juga memperbaiki patah ataupun retak tulang rahang, maupun masalah sendi rahang yang memerlukan tindakan bedah. Selain itu, ahli bedah mulut juga melakukan tindakan seperti bedah plastik untuk memperbaiki wajah, misalnya pada kasus bibir sumbing. --> impian spesialist ku yang lain,, tujuan alternatif bila memang tak memungkin menjadi Sp.KGA kelak,, hehe..



6. Spesialis kawat gigi/ortodontis (Gelar: Sp. Ort)
Perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan susunan gigi yang rapi dan teratur dilakukan oleh ortodontis. Namun, untuk kasus yang sederhana masih bisa dilakukan oleh dokter gigi umum.
--> ini nihh, drg spesialist yg lgi byk diincer org... alasannya, sesuai dg zaman skrg yang mengutamakan mode & stylish,, padahal smw perawatan ortho harus ada indikasinya, gak boleh sembarangan dipasang ajaaaa..



7. Spesialis periodonsia (Gelar: Sp. Perio)
Dokter gigi ini menangani kasus-kasus yang berhubungan dengan jaringan pendukung gigi diantaranya gusi, dan jaringan pendukung gigi lainnya yang lebih dalam. Perawatan yang dilakukannya mulai dari skeling membersihkan karang gigi, sampai bedah periodontal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar