basmalah

Rabu, 18 April 2012

Anatomi Temporomandibular Joint

Temporomandibular Joint atau TMJ adalah persendian yang menghubungkan condylus dari mandibula dengan bagian bagian squamous dari tulang temporal.

Condylus berbentuk elips dengan sumbu memanjang dalam arah mesiolateral. 











Sementara permukaan sendi pada tulang temporal tersusun dari articular fossa yang berbentuk konkaf dan articular eminence yang berbentuk konveks.




Bagian TMJ lainnya :




a. Maniskus --> berbentuk oval yang terbagi 2, bagian atas antara meniskus dengan artikularis tulang temporal dan bagian bawah antara meniskus dengan permukaan kondiloideus. Maniskus terbentuk dari kolagen avaskular yang berfungsi untuk stabilisasi kondilus terhadap permukaan artikularis temporal.
b. ligamen sphenomandibula --> ligamen yang berbentuk tipis dan pipih,yang berhubungan dengan musculus pterygoideus externus bagian atas. Fungsi musculus pterygoideus adalah untuk memungkinkan gerakan rotasi pada saat membuka mulut.
c. ligamen stylomandibula --> ligamen yang berhubungan dengan musculus masseter dan kelenjar parotis pada bagian lateral
d. kapsul sendi --> kapsul yang membentuk ligamen kapsular yang terdiri dari jaringan ikat berserat putih yang melekat pada di atas pinggir fossa artikularis dan tuberkulum artikularis. Ligamen kapsular melekat di sekeliling meniskus.

Sumber :
- Diagnostic Radiology Anatomy Modules, 1994,University of Washington.
- Makalah Temporomandibular Disorder, USU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar